Tari Gambir Anom
Tari gambiranom merupakan tari klasik yang merupakan Gaya Surakarta dan Yogyakarta (kontemporer/peraduan). Bentuk tari ini termasuk bentuk Tari tunggal putra Alus. Iringan musik menggunakan Gamelan khas Yogjakarta. Properti berupa Sampur dan kostum terkesan mewah,dikarenakan tarian khas keraton (klasik) yang sudah dibakukan gerakannya dan tidak dapat di ubah-ubah.
Nama Gerak
|
Deskripsi
|
Gambar
|
Menthang
|
meluruskan
tangan kesamping
|
|
Panggel
|
mengadu
pangkal kedua pergelangan tangan
|
|
Nyekithing
|
ujung
jari tengah berhimpitan dengan ujung ibu jari membentuk lingkaran
|
|
Trap
jamang
|
satu
jari tangan nyekithing disamping telinga sedangkan yang ainnya jari rapat dan
lurus di depan kening dengan posisi tangan menghadap ke bawah
|
|
Ulap-ulap
|
menggerakkan
jari-jari tangan diatas kepala
|
|
Ukel
|
memutar pergelangan tangan
|
|
Tawing-taweng
|
satu
tangan disamping telinga dengan jari tangan lurus dan rapat menghadap kebawah
dan ibu jari menghadap keatas
|
|
Seblak
sampur
|
tangan
memegang pangkal sampur dari arah dalam kemudian mengurutkannya menuju jung
sampur sambil diluruskan kesamping sejajar lambung
|
|
Kebyok
|
mengentakkan
sampur kearah dalm sehingga melilit lengan namun ujung sampur tetap dipegang
|
|
Kebyak
|
mengentakkan
sampur dari posisi kebyok ke arah luar,ujung sampur tetap dipegang
|
|
Nggroda
|
gerakan
siku ditekuk dengan pergelangan tangan menghadap badan
|
|
Nyemprit
|
posisi
ibu jari bertemu dengan ujung jari telunjuk
|
|
Ledhang
|
gerakan
tangan melambai seperti orang berjalan
|
|
Ukel
karno
|
memutar
pergelangan tangan disamping telinga
|
|
Ukel
pakis
|
memutar
pergelangan tangan didepan perut
|
|
Sembahan
|
gerakan
yang bertujuan memberikan salam kepada orang yang menyaksikannya
|
|
Udal
rikma
|
gerakan
seperti orang menyisir rambut
|
|
Jengkeng
|
posisi
kaki kanan diduduki dan kaki kiri dibuk sebar bahu dengan badan tegak
|
|
Debeg
|
mengntakkan
ujung telapak kaki ,dengan tumpuan pada tumit
|
|
Gejug
|
menjatuhkan
ujung jari kaki ke belakang
|
|
Napak
|
sikap
saat melangkah
|
|
Kengser
|
bergerak
kekiri dan kekanan dengan hanya menggeser kedua telapak kaki secara
bergantian antara ujung kaki dan tumit
|
|
Srisig
|
lari
keil dengan berjinjit
|
|
Tanjak
|
berdiri
diam dengan kaki kanan serong kekanan didepan kaki kiri tumit kaki kanan
sejajar ibu jari kaki kiri dengan jarak satu genggam tangan dan jai kaki
kanan mencuat keatas
|
|
Trecet
|
bergerak
kekiri atau kekanan dengan posisi kaki tanjak ,lutut ditekuk,dan telapak
kakijinjit lalu geser
|
|
Mendak
|
sikap
berdiri dengan kedua lutut ditekuk sesuai dengan posisi telapak kaki
|
|
Lumaksono
|
gerak
kaki seperti orang berjalan
|
|
Laku
telu
|
gerak
kaki seperti lumaksono , namun dilakukan tiga langkah lalu esut
|
|
Besut
|
gerakan
menarik kaki kanan dengan posisi semulanya kaki kanan terbuka selebar bahu dan serong
kekanan sejajar kaki kiri
|
|
Lilingan
|
gerakan
seperti lumaksono namun arahnya memutar atau seperti mengelilingi
|
|
Hoyog
|
gerakan
badan yang dicondongkan kesamping kanan atau kiri dan kedua lutut sedikit
ditekuk
|
|
Entrag
|
mengentakkan
badan kebawah berkali-kal seolah mengeper
|
|
Kawilang
ogek lambung
|
gerakan
yang menggerakkan perut kekanan dan kekiri
|
TARI DOLALAK
Tari Dolalak adalah tarian
tradisional peninggalan pada jaman Belanda yang di mainkan oleh beberapa penari
pria atau wanita dengan seragam prajurit. Tarian ini merupakan salah satu
tarian tradisional khas Purworejo, Jawa tengah. Nama dolalak diambil dari
not “Do” dan “La”
karena awalnya tarian ini hanya diiringi dengan alat musik dua nada.
not “Do” dan “La”
karena awalnya tarian ini hanya diiringi dengan alat musik dua nada.
Berikut adalah gerakan tari dolalak.
Nama Gerakan
|
Deskripsi
|
Gambar
|
Pencik
|
gerak kesamping kanan atau kiri dengan kaki kiri jinjit, kaki kanan
napak, tangan kiri nyiku keatas telapak tangan menghadap ke atas, tangan
kanan lurus kesamping. Gerakan tangan kemudian dilakukan sebaliknya
secara bergantian, namun gerak kaki tetap
|
|
Kirig
|
gerak menggetarkan kedua bahu secara cepat, kedua kaki mendak
|
|
Ngetol
|
gerak berjalan mendak sambil menggelengkan kepala ke kanan dan ke
kiri, kedua tangan nyiku kedepan. Pose kedua jemari tangan, jari
telunjuk lurus, sedang jari yang lain melengkung. Ibu jari melengkung ke
dalam tangan
|
|
Siak
|
tangan kiri seblak sampur, tangan kanan seblak ke kanan. Kemudian
tangan kanan lurus ke samping, tangan kiri mengepal di trap cethik. Kaki
kiri napak, kaki kanan jinjit kemudian tanjak kanan
|
|
Mbandhul
|
gerak kaki kanan jinjit satu pecik di dekat kaki kiri. Tangan
kanan mengepal, ibu jari mengarah ke lutut kaki kanan, tangan kiri
dipinggang belakang dilanjutkan mengangkat kaki diikuti tangan kanan
nekuk ibu jari dibahu kanan gerak ini dilakukan berulang-ulang
|
|
Tepis engklek
|
yaitu menepukkan punggung tangan kanan ke
telapak tangan kiri, sambil lari-lari kecil maju, kaki jejer dan engklek
(meloncat dengan satu kaki), pada saat engklek tangan kanan ditarik mendekati
telinga kanan, telapak tangan kanan menghadap ke belakang dan tangan kiri
lurus telapak tangan menghadap ke depan
|
|
KIPRAH
|
Gerak yang diberikan salah satu penari
sebagai gambaran trance
|
|
DANSA
|
Yaitu gerak bergandengan dua orang penari
dengan tangan kanan dan kiri diangkat bergantian ke kanan dan ke kiri begitu
pula dengan kaki
|
|
Taweng Lilingan
|
tangan kanan atau tangan kiri seperti ulap-ulap tetapi jari telunjuk
ditekuk, badan sedikit membungkuk dan tangan satunya dipinggang
|
|
Kesutan
|
gerak tangan kanan kiri ngrayung, telapak tangan menghadap ke atas
dibawah tangan kiri, kaki kanan jinjit dilanjutkan kaki kanan tanjak, tangan
kanan di ukel menghadap ke atas melingkari tangan kanan kiri menjadi mentang.
Tangan kiri naik ke atas dekat telinga kiri kemudian ukel buka dan tutup
|
|
Lambean Miwir Sampur
|
gerak jalan di tempat, kaki kanan di depan, tangan kanan menjepit sampur
tangan kiri lenggang tanpa sampur
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar